Tuesday 25 November 2014

SP JIWA,,,,,,,,STRATEGI PELAKSANAAN TINDAKAN KEPERAWATAN INTERAKSI PERTAMA




STRATEGI PELAKSANAAN TINDAKAN KEPERAWATAN
                             INTERAKSI PERTAMA
                                       09  MEI   2008

A.     Proses Keperawatan
1.Kondisi klien   
-         Klien tampak  duduk dikursi dan berbicara.
-         Klien mengatakan kalau dirinya seorang sarjana pendidikan di UNHAS.
-         Diagnosa Keperawatan     
kerusakan komunikasi verbal.
2.Tujuan
Tujuan umum  :  Klien dapat melakukan komunikasi
Tujuan khusus 1 : Klien dapat membina hubungan saling percaya.
3.Tindakan Keperawatan
a. Sapa klien dengan ramah baik verbal maupun non verbal.
               b.  Perkenalkan diri dengan sopan
              c. Tanyakan nama lengkap klien dan nama panggilan yang disukai klien
               d. Jujur dan menepati janji
               e.  Jelaskan tujuan pertemuan
               f.  Tunjukkan sifat empati dan menerima klien apa adanya.
               g. Beri perhatian kepada klien dan kebutuhan dasar klien.
  
B.  Strategi   komunikasi    
      I. Fase Orientasi
         a. Salam terapeutik
 “Selamat pagi pak! Perkenalkan nama saya ABD Rahman senang dipanggil Rahman Nama bapak siapa? Senangnya dipanggil siapa? Pak saya mahasiswa akper muhammadiyah makassar, saya akan berada disini selama 5 hari, mulai hari senin sampai hari jumat akan merawat dan membantu bapak menghadapi masalah yang bapak alami”
b.      Kontrak
Topik    : Bagaimana kalau kita berbincang- bincang  tentang  kejadian dirumah sehingga bapak dibawa kerumah sakit, agar saya dapat membantu cara mengatasinya.
Waktu    :   Pak mau berbincang-bincang dengan saya berapa lama.
                    Bagaimana kalau 15 menit saja.
Tempat   :  Bapak mau berbincang- bincang dengan saya dimana?



c. Evaluasi/ validasi
Bagaimana perasaan bapak sekarang?
2.Fase kerja
a.Apa yang bapak rasakan saat ini ?
b.Apa yang terjadi dirumah sehingga anda dibawa ke rumah sakit?
c.Siapa yang mengantar bapak kesini? Apakah bapak beta disini
d.Bapak tahu ini tempat apa?
e.Di rumah orang yang terdekat dengan bapak siapa?
3.Fase terminasi
                 a.Evaluasi
                     Subjektif    :  Bagaimana perasaan bapak setelah berbincang-  bincang   dengan saya.
                    Objektif     :   Coba bapak ulangi apa yang kita bicarakan tadi?
b.Rencana tindak lanjut
Baiklah pak kita sudah  berbincang-bincang selama 15 menit bagaimana kalau kita lanjutkan perbincangn kita ini sebentar.   
c.Kontrak yang akan datang .  
       Topik     :  Bagaimana kalau besok kita bessrbincang-bincang lagi tentang kemampuan yang anda miliki?
Waktu      :  Bapak mau jam berapa? Bagaimana kalau jam 10.00 selama 15 menit? Bapak setuju?
Tempat : Dimana kita berbincang-bincang? Bagaimana kalau diruangan ini saja,setuju pak?






STRATEGI PELAKSANAASSN TINDAKAN KEPERAWATAN
                             INTERAKSI   KEDUA
                                      10   MEI  2008

A.     Proses keperawatan
1.Kondisi klien
Klien nampak berjalan sambil bercerita sendiri, klien merasa gembira bertemu perawat, klien mengucapkan salam pada perawat.
2.Diagnosa keperawatan
           kerusakan komunikasi verbal.
3.Tujuan
Tujuan umum  : Klien dapat berkomunikasi dengan baik
Tujuan khusus  : Klien dapat mengidentifikasi kemampuan yang dimiliki.
4.Tindakan keperawatan
a. Beri pujian pada penampilan klien dan kemampuan klien yang realistik.
b.Diskusikan dengan klien kemampuan yang dimiliki pada waktu lalu dan saat realistis.
c. Tanyakan apa yang biasa dilakukan (kaitkan dengan aktifitas sehari-hari dan perawatan diri) kemudian anjurkan klien untuk melakukannya saat ini.
d.Jika  klien bicara tentang wahamnya, dengarkan sampai kebutuhan waham tidak ada, perawat perlu memperlihatkan bahwa  klien penting.

B.     Strategi komunikasi dalam pelaksanaan tindakan keperawatan
1.Fase orientasi
   a. Salam terapeutik
       Selamat pagi pak, bagaimana kabarnya  hari ini?
b. Evaluasi/validasi
          Apakah bapak masih ingat dengan saya dan apakah bapak juga masih mengingat apa yang akan kita bicarakan hari ini.
a.  Kontrak
Topik     : Sesuai dengan janji kita kemarin hari ini kita akan      berbincang- bincang tentang kemampuan yang anda miliki.
Waktu   :  Bapak mau berbincang-bincang dengan saya berapa lama? Bagaimana kalau 15 menit saja.
Tempat  : Bapak mau berbincang-bincang dengan saya dimana? Bagaimana kalau diruangan ini saja.

2.Fase kerja
a.Apa bapak bisa membaca?
               b.Apakah ada kepandaian lain yang anda miliki?
              c..Biasakan anda memperlihatkan kemampuan yang anda miliki?





B.     Fase terminasi
1.Evaluasi
Subjektif   : Bagaimanaaa perasaan  Bapak setelah berbincang- bincang dengan saya?
Objektif     :  Anda bisa mengulangi kemampuan anda miliki?.

b.Rencana tindak lanjut
                     Baiklah pak kita sudah berbincang-bincang selama 15 menit, bagaimana kalau kita lanjutkan  pembicaraan kita lagi  sebentar .
2.      Kontrak yang akan datang .
Topik     : Bagaimana kalau sebentar kita membahas  tentang aktivitas anda sehari-hari dirumah sakit dan perawatan   diri. Waktu    :  Kita akan beebincang-bincang  lagi pada jam 10.30 Apakah bapak setuju.
Tempat  :  Bapak mau berbincang-bincang  dengan saya dimana? Bagaimana kalau ditempat ini saja?







STRATEGI PELAKSANAAN TINDAKAN KEPERAWATAN
           INTERAKSI KETIGA
                 11    MEI  2008

A.     Proses keperawatan
1.      Kondisi klien
Klien  tampak tersenyum, merasa senang bertemu dengan perawat, klien mengacapkan salam pada perawat.
2. Diagnusa keperawatan
           kerusakan komunukasi verbal.
3.Tujuan
Tujuan umum     : Klien dapat berkomunikasi dengan baik.
Tujuan khusus  III : Klien dapat mengidentifikasi kebutuhan yang tidak terpenuhi.
C.     Tindakan keperawatan
1.Observasi kebutuhan klien sehari-hari.
2.Diskusikan kebutuhan klien yang tidak terpenuhi baik selama di rumah sakit ( rasa takut, ansietas, dan marah )
3.Hubungkan kebutuhan klien yang tidak terpenuhi dan timbulnya waham.
4.Tingkatkan aktivitas yang dapat memenuhi kebutuhan klien dan memerlukan waktu dan tenaga ( aktivitas dapat dipilih bersama klien, jika mungkin buat jadwal ).
5.Atur  situasi agar klien mempunyai waktu menggunakan wahamnya.

B.     Strategi Komunikasi  dalam Pelaksanan  tindakan keperawatan 
1.Fase orientasi
a.Salam terapeutik
    Selamat pagi, pak?
b.Evaluasi / validasi
   Bapak  masih ingat saya? Dan bagaimana perasaan anda hari ini?
c.Kontrak
Topik   : Kemarin  kita sudah janji bahwa hari ini kita akan berbincang-.     bincang tentang kebutuhan anda yang belum terpenuhi.
Waktu    :  Untuk sekarang  ini bagaimana kalau kita berbincang-bincang    selama 10 menit, bagaimana pak setuju?
Tempat  :   Bapak mau berbincang-bincang dimana, bagaimana kalau ditempatini saja, saetuju?
   



2.Fase kerja
a.       Apakah selama ini kebutuhan anda terpenuhi baik sebelum sakit maupun saat sekarang?.
b.       Kebutuhan apa saja yang tidak terpenuhi  sehingga anda bisa sakit?.
c.       Bagaimana kalau kita membuat jadwal untuk anda agar aktivitas anda teratur.
3.Fase terminasi
a.       Evaluasi
Evalusi subjektif  : Bagaimana perasaan anda setelah kita berbincana-bincang dengan saya.
Evaluasi objektif   :  Anda bisa ulangi  kembali apa yang kita bicarakan tadi?Tentang apa?
b.      Tindak lanjut   
Nah kalau ada masalah anda mengenai apa yang kita bicarakan tadi, anda bias memanggil atau meminta bantuan kepada perawat lain yang berada disini.
c.       Kontrak yang akan dating
Jangan lupa ya pak sebentar kita ketemu lagi jam  15.00 kita akan membahas tentang cara berhubungan dengan realita,Bagaimana kalau ditempat ini saja?Apakah bapak setuju?


No comments:

Post a Comment