Satuan Acara Penyuluhan (S.A.P)
Pokok bahasan : Perubahan persepsi
sensorik ; halusinasi pendengaran
Sasaran :
Keluarga Tn ”S”
Hari/ Tanggal : Selasa, 29 Juli
2008
Waktu :
15 menit
Tempat :
Rumah Tn ”S”
1. Tujuan
a. Tujuan Instruksional Umum
Setelah
penyuluhan keluarga dan klien mampu memahami tentang halusinasi pendengaran.
b. Tujuan Instruksional khusus
Setelah penyuluhan diharapkan keluarga dan
klien mampu memahami tentang :
1)
Pengertian halusinasi pendengaran
2)
Penyebab halusinasi pendengaran
3)
Tanda dan gejala halusinasi pendengaran
4)
Cara mengontrol halusinasi pendengaran
2. Materi (Terlampir)
3. Metode
·
Ceramah
·
Tanya jawab
4.
Kegiatan belajar mengajar
a. Pembukaan dengan menjelaskan materi yang
akan disampaikan
b. Penjelasan materi
c. Tanya jawab
d. Menyimpulkan materi yang sudah disampaikan
e. Evaluasi dengan cara bertanya kepada
keluarga
f. Penutup
5. Alat dan media
Fliftchart
6. Evaluasi
a. Keluarga dan klien mampu menjelaskan pengertian
halusinasi
b. Keluarga dan klien mampu mengenal penyebab
dari halusinasi pendengaran
c. Keluarga dan klien mampu mengenal tanda
dan gejala dari halusinasi pendengaran
d. Klien mampu mengetahui cara mengontrol
halusinasi pendengaran
HALUSINASI PENDENGARAN
1. Pengertian
Halusinasi
pendengaran adalah suatu keadaan dimana seseorang sering mendengarkan
suara-suara padahal tidak ada orang yang berbicara dan tidak ada orang lain
yang mendengar suara
2.
Penyebab
a. Suka menyendiri dan tidak mau bergaul
b.
Suka menyendiri
3.
Tanda-tanda orang yang mengalami gangguan halusinasi
pendengaran.
a.
Suka mondar-mandir
b.
Suka bicara sendiri
c.
Suka tertawa sendiri
d.
Tidak mau mengurus diri
e.
Pembicaraan kacau dan tidak masuk akal
f. Menarik diri dan menghindar dari orang
g. Mudah tersinggung, jengkel dan marah.
4.
Cara mengontrol halusinasi
a. Katakan saya tidak mau dengar kamu (pada
saat terjadi halusinasi)
b. Menemui orang lain (perawat / teman /
anggota keluarga) untuk bercakap-cakap atau mengatakan halusinasi yang
didengar.
c. Membuat jadwal kegiatan sehari-hari agar
halusinasi tidak sempat muncul.
d. Meminta pada keluarga / teman / perawat
menyapa jika tampak bicara sendiri.
e. Membuat kesibukan seperti menyapu lantai
atau baca buku
No comments:
Post a Comment