Saturday 22 November 2014

Buah-Buahan Yang Dilarang Untuk Ibu Hamil



Buah-Buahan Yang Dilarang Untuk Ibu Hamil

Buah-buahan sangatlah dianjurkan untuk dapat dikonsumsi oleh ibu hamil. Selain rasanya yang segar, buah-buahan juga banyak mengandung vitamin, mineral dan serat yang dibutuhkan bagi seorang ibu hamil. Selain manfaat positif yang terdapat pada buah-buahan, ternyata terdapat beberapa jenis buah-buahan yang dilarang untuk dikonsumsi bagi ibu hamil. Berikut beberapa buah-buahan yang dilarang untuk ibu hamil :
  1. Durian. Durian adalah buah yang sangat terkenal di daerah asia tenggara dan khususnya di Indonesia. Buah ini sangat banyak dikonsumsi oleh masyarakat di Indonesia. Tetapi sayangnya buah ini tidak dapat (dilarang) untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Hal ini disebabkan karena durian mengandung 2 zat yang berbahaya bagi ibu hamil dan janin yang dikandungnya. Zat yang pertama ialah alcohol, yang dapat mengakibatkan janin lahir dengan berat yang kurang. Zat yang kedua adalah arachidonat, zat ini dapat merangsang kontraksi pada rahim yang berakibat pada keguguran.
  2. Pepaya. Buah ini juga sangat banyak dikonsumsi oleh masyarakat kita. Pepaya dapat dikonsumsi oleh ibu hamil asalkan benar-benar sudah matang. Pepaya yang kurang matang, banyak mengandung zat lateks yang akan berakibat menimbulkan kontraksi rahim dan dapat mengakibatkan keguguran, khususnya pada masa kehamilan muda. Sehingga pepaya dapat digolongkan sebagai pantangan ibu hamil muda.
  3. Anggur. Anggur merupakan jenis tanaman yang merambat. Buah ini biasanya dikonsumsi dengan cara dibuat jus anggur, agar-agar (jelly), wine, atau dimakan langsung. Sayangnya buah ini termasuk buah yang sebaiknya dihindari untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Hal ini dikarenakan buah anggur dipercaya dapat menyebabkan kandungan menjadi panas.
  4. Nanas. Buah ini aslinya berasal dari amerika utara, khususnya dari daerah brazil. Di Indonesia, Lampung merupakan daerah sentra utama penanaman nanas. Sayangnya, buah nanas banyak mengandung zat bromelain. Suatu zat yang dipercaya dapat menyebabkan leher rahim lunak dan memicu persalinan dini. Meskipun hal ini masih perlu penelitian lebih lanjut dari segi medis, tetapi sebaiknya hindari mengkonsumsi buah nanas pada wanita yang sedang mengandung.

No comments:

Post a Comment