Tuesday 19 November 2013

Seksio Sesarea DAN jenis Seksio Sesarea



PENGERTIAN Seksio Sesarea

Seksio Sesarea atau kelahiran sesarea, adalah melahirkan janim melalui irisan pada dinding perut (laparotomi) dan dinding uterus (histerotomi), (Mac Donal, 1991). Pada tahun-tahun terakhir, kelahiran caesar meningkat tajam, sebagian besar karena meluasnya pengenalan gawat janim yang jelas maupun yang masih merupakan dugaan, yang makin dapat dipertegas dan dewasa ini operasi caesar jauh lebih aman daripada dahulu berhubungan dengan adanya anti biotika, ttransfusi darah,teknik operasi yang lebih sempurna dan anastesia yang lebih baik, frekwensi persalinan caesar di negara-negara maju berkisar antara 1,5 dan 7% dari semua persalinan.
Pada saat ini dikenal beberapa jenis seksio sesarea, antara lain :
a.       Seksio sesarea transperitonealis profunda;
b.      Seksio sesaria klasik atau seksio sesarea korporal, dan
c.       seksio sesarea ekstraperitoneal (husodo, 1994)
Dan yang paling banyak dilakukan dewasa ini adalah seksio sesarea transperitonealis profunda dengan insisi di segmen bawah uterus. Adapun keunggulan dari pembedahan ini adalah  :
a.       Pendarahan luka insisi tidak seberapa banyak;
b.      Bahaya peritonitis tidak besar;
c.       Perut pada uterus umumnya kuat, sehingga bahaya ruptura uteri dikemudian hari tidak besar karena dalam masa nifas segmen bawah uterus tidak seberapa benyak mengalami kontraksi seperti korpos uteri, sehingga luka dapat sembuh lebih sempurna.

No comments:

Post a Comment