Tuesday 19 November 2013

ASI EKSKLUSIF

PENGERTIAN ASI EKSKLUSIF



  ASI adalah makanan terbaik dan alamiah serta relatif aman untuk bayi.     Dalam Pekan ASI Sedunia tahun 2007 menggangkat tema `Breastfeeding the I" Hours Early and Exclusif Breastfeeding for Six Months can Save One Million Babies" (menyusui satu jam pertama kehidupan dilanjutkan dengan menyusui eksklusif 6 bulan, menyelamatkan lebih dari satu juta bayi) (Mediakom, 2007).
  Memberikan bayi anda suatu awal kehidupan yang baik dengan   memberikan makanan yang terbaik adalah suatu hadiah yang berharga. Para ahli setuju bahwa ASI adalah sumber gizi yang paling menguntungkan bayi, dengan pemberian ASI bayi merasa lebih nyaman dan aman, mudah dicerna dan memberikan perlindungan pertama terhadap penyakit dan gizinya tidak pernah ada pada susu lainnya. Bayi lebih sedikit menderita diare, jarang terkena alergi, mudah, ekonomis, aman, dapat mengontrol terjadinya obesitas pada ibu karena dapat membakar kalori ibu, mencegah ibu dari kanker payudara, dan merangsang rahim berkontraksi melalui rangsangan pada puting susu dan pelepasan hormon tertentu (Ikatan Bidan Indonesia dan Johnson & Johnson, 2008).
  Inisiasi menyusui dini atau permulaan menyusui dini adalah bayi mulai menyusui sendiri segera setelah lahir. Melalui kontak kulit bayi dengan menyusui sendiri segera setelah lahir, yang dinamakan the breast crawl atau merangkak           Sejak disadari bayi baru lahir dapat merangkak kearah payudara, puting susu, kemudian menyusui sendiri, sehingga semua orang tua, ibu ayah, bahkan tenaga kesehatan sangat terpesona menyaksikan keajaiban ini. (Utami Roesli.2008)
  Menyusui adalah suatu cara yang tidak ada duanya dalam memberikan makanan yang ideal bagi pertumbuhan dan perkembangan bayi sehat serta mempunyai pengaruh biologis dan kejiwaan yang unik terhadap kesehatan ibu dan bayi (WHO.1994:1)
  Pemberian ASI eksklusif adalah ASI yang hanya diberikan pada bayi tanpa diberi tambahan lain seperti susu formula, jeruk, air teh bahkan air putih sekalipun. Selain itu bayi juga tidak diberi makanan padat lainnya seperti pisang, bubur nasi tim dan sebagainya. Pemberian ASI eksklusif dilakukan minimal empat bulan dan lebih baik bila berusia enam bulan (Roesli U, 2001).

No comments:

Post a Comment