Sunday 7 September 2014

Sayur-Sayuran Yang Dilarang Untuk Ibu Hamil


makanan pantangan bagi ibu hamil

Terdapat beberapa jenis sayur-sayuran yang sebaiknya dhindari untuk dikonsumsi bagi ibu hamil. Berikut beberapa diantaranya :
  1. Cabai. Cabai jenis apapun (cabai besar, rawit, keriting, hijau, dll) mengandung bahan kimia yang disebut capsaicin. Capsaicin adalah zat yang membuat cabai pedas. Bahan kimia ini sangat keras yang dapat digunakan untuk menghilangkan cat, dan bahkan digunakan sebagai “pepper spray” yang bisa membutakan mata.
  2. Daun Pepaya.  Daun pepaya bisa mengakibatkan rapuhnya ari-ari dari janin. Oleh karenanya juga harus dihindari.
  3. Kentang. Tentunya kita semua belum pernah mendengar bahaya makan kentang, atau bahwa kentang beracun. Ranting, daun dan bahkan kentang sendiri beracun, terutama adalah kentang yang memiliki kulit kehijau-hijauan di bawah lapisan kulit luar. Hal ini disebabkan oleh glycoalkaloid yang beracun. Dalam sejarah, kasus kematian karena kentang memang jarang terjadi. Namun alangkah baiknya mengupas kulit kentang (terutama jika kulit kentang berwarna hijau). Dan juga, kentang mentah / setengah matang juga tidak baik. Mengapa? karena kentang mentah atau setengah matang cenderung membawa bakteri-bakteri seperti Listeria, Shigella E. Coli, dan Salmonella.
  4. Teh Herbal. Keamanan teh herbal untuk dikonsumsi oleh ibu hamil masih belum jelas. Masih belum banyak penelitian yang cukup memadai tentang penggunaan obat herbal termasuk suplemen dan dampak negatifnya terhadap wanita yang sedang mengandung dan janinnya.
  5. Pare. Pare mengandung zat kina. Kina ini dapat merangsang penyusutan rahim, mengakibatkan keguguran. Karena itu, ada yang menganjurkan, wanita hamil tidak baik makan pare. Meski kandungan kina sangat sedikit, namun wanita hamil sebaiknya kurangi makan pare.
  6. Jamur. Dikutip dari health.com, tanaman ini memang lezat dan bergizi. Namun, mereka juga sekaligus menjadi sumber bakteri yang tumbuh di daerah lembap dan punya potensi membawa penyakit masuk ke dalam tubuh. Sebelum mengolahnya, jamur sebaiknya dicuci bersih dan tidak disajikan dalam keadaan mentah.  Ada sekitar 5000 jenis jamur di Amerika Serikat dan sekitar 100 dikenal beracun dan kurang dari selusin adalah jamur yang mematikan. Secara umum, jamur dapat menyebabkan gangguan pencernaan, menimbulkan gas di usus dan alergi. Karena jumlah dan  jenis jamur yang sangat banyak di dunia, sulit untuk tahu persis mana yang beracun. Pada dasarnya, jamur yang tumbuh liar kemungkinannya beracun. Salah satu jenis yang paling beracun cetakan adalah “Alpha-amanitin”, yang dapat merusak hati.
  7. Sayur tauge. Para Ibu hamil disarankan untuk tidak mengkonsumsi kecambah mentah dalam bentuk apapun, termasuk alfalfa dan semanggi lobak. Karena Bakteri yang terdapat dalam makanan tersebut bisa masuk ke dalam biji sebelum kecambah mulai tumbuh dan kuman ini hampir tidak mungkin untuk dibersihkan. kalau anda hendak membeli makanan pastikan makanan yang tidak mengandung kecambah mentah. Memasak kubis sebaiknya dimasak sampai benar-benar matang.

No comments:

Post a Comment