Sunday 7 September 2014

SAP (satuan acara penyuluhan ) pemberian ASI eksklusif



SATUAN ACARA PENYULUHAN
Pokok Bahasan: Pemberian ASI Ekslusif                                 Nama Mahasiswa       :
Sasaran             : Klien dan Keluarganya                                  NIM                              :
Tempat             : Perawatan  NIfas                                            Tanggal                         





NO.
TUK/ TIK
WAKTU
KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR
METODE
MEDIA
EVALUASI
Penyuluh
Klien
1.
TIU:
Setelah dilakukan penyuluhan keluarga diharapkan mampu memahami pemberian ASI ekslusif .
TIK:
Setelah penyuluhan diharapkan keluarga mampu memahami :
1.    Pengertian personal hygine.
2.    Mengetahui manfaat ASI ekslusif

3.    Tujuan pemberian ASI Ekslusid


4.    Dampak yang timbul jika Anak tidak di berikan ASI ekslusif


5 Menit


25 Menit



5 Menit



5 Menit

1.  Pendahuluan
-        Salam
-        Menyampaikan Tujuan
-        Kontrak Waktu
2.  Menjelaskan isi materi
-       Pengertian
-       Manfaat ASi ekslusif
-       Tujuan  pemberian ASI ekslusif
-       Dampak yang timbul jika tidak di berikan ASI ekslusif
3.   Menyimpulkan materi




4.  Penutup
Mengucapkan Salam dan Terima Kasih

·      keluarga Menjawab Salam.

·      Keluarga mendengarkan dengan seksama

·      Klien dan keluarga dapat mengerti tentang materi yang telah dijelaskan.


·      Klien menjawab salam
Ceramah dan Tanya Jawab
Poster
Bentuk evaluasi lisan
  




Materi Penyuluhan Pemberian
ASI Ekslusif

1.          Definisi ASI
ASI merupakan sumber gizi yang sangat ideal dengan komposisi seimbang dan disesuaikan dengan kebutuhan pertumbuhan bayi. ASI adalah makan bayi yang paling sempurna, baik kualitas maupun kuantitasnya, dan tata laksana menyusui yang benar, ASI sebagai makanan tunggal akan cukup memenuhi kebutuhan tubuh bayi normal sampai usia 6 bulan (Menurut Khairuniyah, 2004 di dalam Arini H, 2012 hal 70).
ASI Eksklusif adalah merupakan air susu ibu yang diberikan untuk bayi sejak baru lahir sampai 6 bulan tanpa makanan pendamping dan minuman pralakteal lainnya seperti hal dan contohnya adalah air gula, aqua, dan sebagainya. Jadi murni hanya ASI saja yang diberikan kepada sang bayi dan anak.
Definisi awal dari ASI menyusui eksklusif dimana menyusui eksklusif adalah bayi hanya diberi ASI saja tanpa tambahan cairan lain atau makanan padat, bayi harus sering di susui serta tanpa batas waktu. Bayi hanya diberi ASI saja secara eksklusif sejak lahir sampai usia 6 bulan. Setelah itu diberi makanan padat pendamping yang cukup dan sesuai, sedangkan ASI tetap diberikan sampai usia 2 tahun atau lebih. Dianjurkan menyusui dini (30-60 menit), menyusui tidak tidak di jadwalkan jadi sesui kemauan bayi dan dianjurkan eksklusif selama 6 bulan (Innocenti Declaration, 1990 didalam Ria Riksanai, 2012 hal 32).
Menurut WHO (World Health Organization ) ASI eksklusif adalah hanya memberikan ASI kepada bayi anda, tidak memberikan tambahan dalam bentuk apapun dari usia 0–6 bulan (Ria Riksanai, 2012 hal 48).
ASI eksklusif atau lebih tepat pemberian ASI secara eksklusif adalah bayi hanya diberi ASI saja tanpa tambahan cairan lain, seperti susu formula, jeruk, madu, air teh, dan tanpa tambahan makanan padat seperti pisang, pepaya, susu bubuk, biskuit, bubur nasi, dan tim (Utami Roesli didalam Arini H, 2012 hal 69).
2.            Manfaat pemberian ASI ekslusif
Manfaat ASI terhadap kelangsungan hidup dan kesehatan bayi.
1. Menyelamatkan nyawa, ASI eksklusif adalah sumber paling efektif untuk mencegah kematian anak namun hanya kurang dari 40 persen bayi di bawah 6 bulan menerima manfaat pemberian ASI. Bayi di bawah usia 2 bulan yang tidak disusui adalah enam kali lebih mungkin untuk meninggal akibat diare atau infeksi saluran pernapasan akut daripada mereka yang disusui,  Sekitar 1,3 juta kematian dapat dicegah setiap tahun ketika pemberian ASI ekslusif meningkat menjadi 90 persen.
2.  Melindungi terhadap penyakit, ASI  kolostrum mengandung agen anti bakteri dan anti virus mempunyai komposisi vitamin A yang tinggi yang melindungi bayi terhadap penyakit.
3. Mempercepat pemulihan anak yang sakit,  ASI berguna selama diare untuk mengurangi tingkat keparahan dan lamanya diare dan resiko kekurangan gizi, karena ASI merupakan sumber makanan yang higienis dengan komposisi yang sempurna dari energi, protein, lemak, vitamin  dan nutrisi lain untuk bayi dalam enam bulan pertama. ASI adalah satu-satunya sumber yang aman dan dapat diandalkan makanan untuk bayi bhakan sewaktu dia sakit.
4. Memenuhi semua kebutuhan air. ASI mengandung 88% air  Studi menunjukkan bahwa anak yang menkonsumsi ASI ekslusif di bawah 6 bulan tidak membutuhkan cairan tambahan, bahkan di negara-negara dengan suhu yang sangat tinggi dan kelembaban rendah.
5. Mengoptimalkan perkembangan fisik dan mental anak. Bayi yang diberi ASI menunjukkan perkembangan yang lebih baik dengan IQ yang lebih tinggi dari pada anak-anak yang tidak diberi ASI eksklusif . Nutrisi kunci yang sangat penting untuk kesehatan, pertumbuhan dan perkembangan anak.
6. Beberapa penelitian mengatakan bahwa anak yang diberikan ASI akan lebih cenderung mengurangi kemungkinan obesitas, pemberian susu formula 20 -30 persen akan memungkinkan anak akan lebih gemuk.
7. Rata-rata bayi yang diberikan ASI akan memiliki tekanan darah tinggi yang lebih rendah, ini akan membantu bayi terhindar dari penyakit jantung juga.
Manfaat ASI eksklusif untuk sang ibu.
1. Menyusui ASI membantu wanita menurunkan berat badan setelah melahirkan, Wanita akan membakar banyak kalori selama menyusui karena tubuh mereka memproduksi susu.
2. Menyusui akan membuat hormon ( oxytocin ) yang menyebabkan rahim kembali ke ukuran normal lebih cepat.
3. Ketika seorang wanita melahirkan dan menyusui bayinya, manfaat asi untuk wanita iyalah melindungi dirinya dari menjadi hamil lagi terlalu cepat, suatu bentuk kontrol kelahiran yang 98%  lebih efektif daripada menggunakan kontrasepsi.
4. Menyusui tampaknya mengurangi risiko ibu terkena osteoporosis, Meskipun ibu pasti akan mengalami proses pengeroposan tulang, kepadatan mineral mereka diisi kembali dan bahkan meningkat setelah menyusui.
5. Wanita yang menyusui ASI selama dua tahun atau lebih akan mengurangi kemungkinan mereka terkena kanker payudara sebesar 24%.
6. Ibu dapat semakin intim selama menyusui dengan bayinya, sehingga perasaan  yang lebih kuat dari dengan bayinya.  Para peneliti telah menunjukkan bahwa ikatan ibu menyusui dan anak lebih kuat daripada hubungan dengan manusia lain, memegang anak ke dadanya menyediakan sebagian besar ibu dengan pengalaman psikologis lebih kuat daripada membawa janin dalam rahimnya.  Perasaan ini menetapkan dasar kesehatan dan psikologis selama bertahun-tahun yang akan datang.
7. Menghemat uang. formula bayi, peralatan sterilisasi dan makanan bayi bisa mengeluarkan banyak uang. Belum lagi banyak keluarga harus mengeluarkan banyak uang untuk mengobati penyakit akibat tidak menkonsumsi ASI.
3.            Tujuan pemberian ASI ekslusif
Tujuan Pemberian ASI Eksklusif
Ada beberapa hal yang menjadi tujuan dan juga manfaat ASI eksklusif yang bisa didapatkan baik itu untuk ibu menyusui maupun bagi sang bayi yaitu antara lain adalah sebagai berikut :
1.              Untuk Bayi antara lain mendapatkan faedah manfaat asi antara lain adalah sang bayi dapat membantu memulai kehidupannya dengan baik,mengandung antibodi, asi mengandung komposisi yang tepat, mengurangi kejadian karies dentis, memberikan rasa aman dan nyaman pada bayi dan adanya ikatan antara ibu dan bayi, terhindar dari alergi , asi meningkatkan kecerdasan bayi, membantu perkembangan rahang dan merangsang pertumbuhan gigi karena gerakan mengisap mulut bayi pada payudara sang ibu.
2.              Untuk sang ibu menyusui akan mendapatkan manfaat dan faedahnya antara lain adalah bisa sebagai kontrasepsi, meningkatkan aspek kesehatan ibu, membantu dalam hal penurunan berat badan, aspek psikologi yang akan memberikan dampak positif kepada para ibu yang menyusui air susu ibu itu sendiri.
4.            Dampak yang timbul bila tidak di berikan ASI ekslusif
1.       Daya tahan tidak optimal
2.       . Perkembangan otak kurang
3.       . Perkembangan gigi dan rahang kurang
4.        Dampak psikologis kedekatan dengan ibu kurang
5.        Sering timbul alergi dan ruam



No comments:

Post a Comment