Friday 9 October 2015

Bentuk-Bentuk Dukungan Keluarga


Bentuk-Bentuk Dukungan Keluarga
Menurut Cohen & Syme (1996), Bentuk-bentuk dukungan sosial keluarga adalah suatau keadaan yang bermamfaat bagi individu yang diperoleh dari orang lain yang dapat di percaya sehingga seseorang akan tahu bahwa ada orang lain yang memperhatiakn, menghargai dan mencintainya.
a.       Dukungan instrumental, yaitu keluarga merupakan sumber pertolongan praktis dan konkrit
Dukungan emosional adalah pernyataan tentang cinta, perhatian, penghargaan, dan kepercayaan. Dukungan ini berfungsi untuk memperbaiki perasaan-perasaan negatif. Bentuk dukungan keluarga ini dapat membuat lansia memiliki rasa nyaman.
Dukungan emosional terutama didapatkan dari keluarga, bahwa kasih sayang dari anggota keluarga kepada anggota keluarga yang lain, memberikan penghargaan terhadap kehidupan keluarga terutama berkaitan dengan persepsi dan perhatian terhadap kebutuhan sosio emosional para anggota keluarga.
b.      Dukungan informasional, yaitu keluarga berfungsi sebagai sebuah kolektor dan disseminator (penyebab informasi).
c.       Dukungan penilaian (appraisal) yaitu keluarga bertindak sebagai sebuah umpan balik, membimbing dan menengahi pemecahan masalah dan sebagai sumber dan validator identitas keluarga.
d.      Dukungan emosional, yaitu keluarga sebagi tempat yang aman dan damai untuk istrahat dan memelihara serta membantu penguasaan terhadap emosi

No comments:

Post a Comment