Friday 19 April 2013

Chagas AIDS baru di benua Amerika,




Penyakit mematikan terbaru,alias julukan AIDS baru di benua Amerika



Baru-baru ini warga benua Amerika di gemparkan penyakit terbaru, penyakit aneh yang bisa membuat jantung manusia membengkak dan meledak,,,, aduhh nyeri mendengarnya,,,
Penyakit Chagas juga disebut Amerika trypanosomiasis adalah penyakit parasit tropis yang disebabkan oleh protozoa berflagel '' Trypanosoma cruzi''. '' T. cruzi'' umumnya ditransmisikan ke manusia dan mamalia lainnya oleh serangga vektor, mengisap darah assassin bug dalam subfamili Triatominae (keluarga Reduviidae) umumnya spesies untuk '' Triatoma'', '' Rhodnius'' dan '' Panstrongylus'' genera. Penyakit juga menyebar melalui transfusi darah dan transplantasi organ, menelan makanan yang terkontaminasi dengan parasit, dan dari ibu ke janin-nya.
Penyakit Chagas adalah penyakit inflamasi menular yang disebabkan oleh parasit yang ditemukan dalam tinja serangga triatomine. Penyakit Chagas umumnya terjadi di Amerika Selatan, Amerika Tengah dan Meksiko, dimana serangga triatomine banyak berkembang. Penyakit ini juga sering disebut dengan trypanosomiasis Amerika yang dapat menginfeksi siapa saja, tetapi paling sering didiagnosis pada anak-anak. Jika tidak diobati, penyakit Chagas nantinya bisa menyebabkan masalah jantung yang serius dan masalah pencernaan.
Gejala penyakit Chagas bervariasi selama infeksi. Pada tahap awal, akut, gejala ringan dan biasanya menghasilkan tidak lebih dari lokal pembengkakan pada tempat infeksi. Sebagai penyakit berkembang, selama bertahun-tahun, serius kronis gejala dapat muncul, seperti penyakit jantung dan malformasi usus. Jika tidak ditangani, penyakit kronis sering fatal. Obat perawatan umumnya tidak memuaskan; obat-obatan yang tersedia sangat beracun dan sering tidak efektif, khususnya digunakan untuk mengobati tahap kronis penyakit.
Penyebaran Chagas yang cepat kemungkinan besar dikarenakan penanganan yang lambat terhadap penyakit ini. Seperti halnya HIV, Chagas bisa menyebar lewat gen dan tranfusi darah. Sebenarnya Chagas bisa ditangani jika diketahui sejak dini. Namun pengobatan yang mahal jarang bisa dijangkau oleh masyarakat miskin dan penelitian untuk mencari obat alternatif bagi penyakit ini masih sangat terbatas.
Chaga biasanya menular melalui gigitan serangga penghisap darah yang melepaskan parasit bernama Trypanosoma cruzi ke dalam aliran darah korban. Dari sana parasit akan bergerak menuju jantung dan berkembang biak.
Infeksi ini biasanya 'tidur' selama bertahun-tahun hingga akhirnya menyebabkan gagal jantung atau aritmia. Namun berdasarkan Centers for Disease Control and Prevention, terdapat juga kemungkinan parasit ni menyebabkan pembengkakan jantung yang mengakibatkan kematian mendadak saat jantung meledak.
Yang membuat para ilmuwan khawatir, penyakit Chagas ini sulit untuk dideteksi dan butuh waktu hingga bertahun-tahun hingga akhirnya muncul gejala. mirip AIDS
Chagas Infection
Dengan alasan itulah kini serangga Triatome dijuluki sebagai ‘AIDS baru di benua Amerika‘.
Masalahnya adalah virus penyakit Chagas ini gampang tersebar, seperti melalui transfusi darah, atau bawaan gen turunan (layaknya penyebaran virus HIV), tapi tidak dapat menular dari hubungan intim, seperti kebanyakan kasus penularan virus HIV.
Sayangnya, gejala penyakit ini sangat sulit untuk diketahui sejak awal.
Penyakit Chagas ini membutuhkan waktu bertahun-tahun baru dapat dideteksi, mirip dengan AIDS, sehingga kemungkinannya sangat kecil untuk melakukan pengobatan dini.
Kalau pun dapat dideteksi dini, maka pengobatan tercepat bisa membutuhkan waktu selama 3 bulan. Lebih parah, penyakit ini banyak menyerang penduduk-penduduk yang berada di bawah garis kemiskinan.



No comments:

Post a Comment