Minggu, 31 Maret 2013

TUGAS PERAWAT DAN TINDAKANNYA


  Tenaga Keperawatan.
         Perawat adalah seseorang yang telah menyelesaikan pendidikan formal keperawatan dan diberi kewenangan untuk melaksanakan peran dan fungsi sesuai dengan ilmu keperawatan yang diperolehnya.



1)      Peran perawat kesehatan
Peran perawat adalah perilaku yang diharapkan untuk ditampilkan seseorang sesuai posisinya. Adapun peranan perawat kesehatan yaitu :
(a)  Pelaksana pelayanan keperawatan
Perawat kesehatan memberikan pelayanan keperawatan kepada individu, keluarga, kelompok dan masyarakat yang lazim terjadi diberbagai tatanan kesehatan seperti rumah sakit, puskesmas, sekolah, panti asuhan.
(b)  Sebagai perawat pengelola
Perawat kesehatan secara fungsional mengelola pelayanan keperawatan dirumah sakit dan puskesmas termasuk peralatan dan lingkungannya. Sebagai pengelola perawat berperan dalam memantau dan menjamin kualitas asuhan/pelayanan keperawatan serta mengorganisasi dan mengendalikan sistem pelayanan keperawatan.
(c)  Sebagai pendidik.
Perawat berperan mendidik individu, keluarga, kelompok, dan masyarakat serta tenaga keperawatan atau tenaga kesehatan yang berada dibawah tanggung jawabnya.
(d) Sebagai peneliti
Sebagai peneliti dibidang keperawatan, perawat diharapkan mampu mengidentifikasi masalah penelitian, menerapkan prinsip dan metode penelitian serta memanfaatkan hasil penelitian untuk meningkatkan mutu asuhan atau pelayanan dan pendidikan keperawatan.
2)      Tanggung jawab perawat
      Menurut kode etik perawat International Council Nurse (ICN) bahwa konsep dalam keperawatan melakukan tanggung jawab utama yaitu :
(e)  Meningkatkan kesehatan
(f)  Mencegah timbulnya penyakit
(g)  Memelihara kesehatan
(h)  Mengurangi penderitaan
3)      Sikap perawat
Sikap adalah kesiagaan mental yang dipelajari dan diorganisir melalui pengalaman dan mempunyai pengaruh tertentu atas tanggapan seseorang terhadap orang lain.
      Dari pengertian diatas dapat dijelaskan bahwa kesiapan mental perawat melalui pengalaman pendidikan akan bersikap menggambarkan perilaku kelompok profesional.
      Adapun sikap yang harus dimiliki dan diperhatikan oleh seorang perawat dalam memberikan pelayanan keperawatan, yaitu :
(a)  Keramahan
Keramahan sering tercermin dengan suatu keriangan dalam menjalani kehidupan sehari-hari dalam menjalankan tugas selalu nampak bersahaja. Keberhasilan dan kebahagiaan kita bersandar pada kehidupan bersama dengan mereka yang bersedia dan mapan bekerjasama, sehingga menimbulkan sikap yang kooperatif dan disertai kejujuran. Maka kita akan merasa riang dalam mengerjakan sesuatau, sikap kooperatif ini bukan berarti bahwa semua tingkah laku dan perbuatan kita disetujui oleh lingkungan kita, bahkan mungkin saja sebalikya menimbulkan perasaan yang kurang menyenangkan, khususnya apabila perbuatan kita dikritik atau disalahkan. Hal ini sering kita jumpai dalam memberikan pelayanan keperawatan, karena kita dihadapkan dengan berbagai individu dan mempunyai pribadi dalam melaksanakan asuhan keperawatan sedapat mungkin selalu bersikap ramah, siap senyum dan memberi salam serta sikap optimis dan percaya diri.
(b)  Ketenangan
Menurut kamus besar bahasa indonesia, ketenangan adalah keadaan yang tenang, aman dan tentram (tentang perasaan) serta adanya ketentuan hati dan pikiran.
Ketenangan adalah kunci dalam menghadapi segala sesuatu dalam melaksanakan suatu tindakan dimaksudkan untuk menghindari kesalahan dan kelupaan yang dapat merugikan barbagai pihak. Perawat dituntut untuk selalu bersikap tenang dalam menghadapi berbagai macam pasien.
(c)  Sopan santun
Sopan santun menurut kamus bahasa indonesia berarti hormat dengan taksim, tertib menurut adat yang baik, tata krama, peradaban dan adanya kesusilaan.
Sopan santun diidentikan dengan norma-norma tata krama atau nilai-nilai kebudayaan masyarakat tertentu. Perawat perlu mengetahui tata krama, memahami norma-norma.
(d) Perhatian
Perhartian berarti perbuatan untuk memperhatikan, mengamati, mengingat dengan sungguh-sungguh untuk menaruh minat pada suatu hal.
Salah satu aspek yang harus diperhatikan oleh seorang perawat dalam memberikan pelayanan keperawatan yaitu komunikasi yang berhubungan erat dengan bahasa dan nada suara. Bahasa dan nada suara sangat dipengaruhi oleh lingkungan. Dimana seorang itu tumbuh dan berkembang yang digunakan oleh perawat di dalam memberikan keperawatan.
4)      Tindakan perawat
         Tindakan perawat adalah berbagai tindakan yang direncanakan oleh perawat untuk dilakukan dalam rangka menolong pasien untuk mencapai tujuan.
         Pada dasarnya pelayanan keperawatan merupakan bagian dari pemenuhan kebutuhan hidup manusia dalam menghadapi dan beradaptasi terhadap stress sehingga seseorang bisa hidup sehat. Secara umum lingkup pelayanan keperawatan meliputi pemenuhan atas kebutuhan bio-psiko-sosial-spiritual yang mencakup beberapa kebutuhan hidup dasar
         Dalam pelaksanaan tindakan keperawatan, perawat harus bekerja sama dengan anggota keperawatan lain dengan pasien atau keluarga dan petugas kesehatan lainya. Perawat harus berprinsip senyum, salam, sapa, sopan santun, sabar dan syukur. Selain itu dalam memberikan pelayanan, perawat harus melaksanakannya dengan 1) disiplin, mengikuti tata tertib, norma-norma dan kode etik sesuai disiplin ilmu yang telah dikuasai.
2) inovatif, perawat harus berwawasan luas dan harus mampu menyesuaikan diridengan perkembangan ilmu pengetahuan dan tekhnologi berdasarkan IMTAQ. 3) rasional, perawat harus berpikir dan bertindak. 4) integrate, perawat harus mampu bekerja sama dengan sesama profesi tim kesehatan lainnya. 5) mampu dan mandiri, perawat harus mampu mandiri serta kompeten.  Tindakan keperawatan yang dilakukan oleh perawat kesehatan meliputi:
(a)    Memberikan pengobatan (obat oral) dan membantu proses penyembuhan.
(b)   Personal hygiene (kebersihan),kenyamanan fisik dan keamanan
(c)    Mencegah dan mengatasi reaksi fisiologis (mengukur TD, suhu, nadi dan lain-lain)
(d)   Penyuluhan
(e)    Membantu dalam kebutuhan gerak dan kesehatan jasmani (mengatur posisi baring, mencegah kemungkinan terjadi komplikasi)
(f)    Membantu dalam kebutuhan eliminasi (memasang kateter, membantu BAK dan BAB)
(g)   Memenuhi kebutuhan oksigen
(h)   Memenuhi kebutuhan emosional dan spiritual
(i)     Memenuhi kebutuhan nutrisi, cairan dan elektrolit

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar