Sunday 31 March 2013

Rawat Inap BY JUNAEDY NOSU


PENGERTIAN     Rawat Inap
         Rawat inap adalah pemeliharaan kesehatan di rumah sakit dimana penderita tinggal atau mondok sedikitnya satu hari, berdasarkan rujukan dari pelaksana kesehatan tingkat I atau dokter spesialis yang ditunjuk. Selain itu unit rawat inap adalah pelayanan kepada pasien untuk observasi perawatan, diagnosis, pengobatan, rehabilitasi medik dan atau kesehatan lainnya dengan menempati tempat tidur.
(http://www.Rataratarawatinapaverage.Htm.Damandari ).
         Rawat inap adalah pelayanan kepada pasien untuk observasi perawatan, diagnosis, pengobatan, rehabilitasi medik dan atau kesehatan lainya dengan menempati tempat tidur ( KepMenkes, 1997 ).
         Pelayanan rawat inap ini merupakan suatu kegiatan yang bersifat membantu mengarahkan atau memandu sehingga bermanfaat bagi orang lain dalam pelayanan setiap orang yang sebenarnya melayani sekaligus dilayani. Pelayanan ini sangat mempengaruhi berhasil tidaknya penjualan suatu produk maupun jasa karena keinginan, kebutuhan tuntutan pelanggang.
(Soeprapto, 1983)
         Pelayanan rawat inap adalah bagian integral dari pelayanan kesehatan yang dibutuhkan untuk orang-orang yang menderita sakit dan untuk mereka yang akan melahirkan dalam waktu jangka pendek dan jangka panjang untuk menyelamatkan kehidupannya.
         Pelayanan rawat inap merupakan salah satu aspek dalam pelayanan kesehatan rumah sakit atau puskesmas dan merupakan pengawasan secara kontinyu terhadap keadaan umum pasien yang sewaktu-waktu memerlukan tindakan segera. Ruang rawat inap (opname) dikelompokkan menurut perawatan secara umum meliputi ruang bedah, penyakit dalam, anak dan kebidanan. Selain pengelompokan menurut golongan perawatan, pengelolah juga memberi pengelompokan berdasarkan kelas perawatan.

No comments:

Post a Comment