Sunday 31 March 2013

Faktor-faktor yang mempengaruhi persepsi.



    Faktor-faktor yang mempengaruhi persepsi.
         Proses terjadinya persepsi pertama karena adanya obyek atau stimulus yang merangsang untuk ditangkap oleh panca indra, kemudian obyek atau stimulus perhatian tadi dibawa ke otak, dari oatak terjadi adanya kesan atau jawaban (response) stimulus berupa kesan yang dibalikkan kembali berupa tanggapan atau persepsi atau hasil kerja indra berupa pengalaman pengolahan otak. Proses terjadinya persepsi ini perlu fenomena dan yang terpenting fenomena dipersepsi ini adalah perhatian. ( Rakhmad, 2000 ) 
         Persepsi terjadi dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, secara rinci faktor-faktor oleh oskam yang mempengaruhi persepsi dikemukaan oleh Saprina (1976) bahwa ada 4 karakteristik dan faktor pribadi dan sosial yang dapat mempengaruhi persepsi seseorang.
a.       Faktor ciri khas dari objek rangsangan yang terdiri:
1)      Nilai, yaitu ciri-ciri dari stimuli seperti nilai bagi subjek mempengaruhi cara stimuli tersebut di persepsi.
2)      Arti emosional yaitu sampai seberapa jauh stimuli tertentu merupakan sesuatu yang mempengaruhi individu yang bersangkutan.
3)      Familiaritas, yaitu penggenalan yang berkali-kali dari suatu stumulus yang mengakibatkan stimulus tersebut dipersepsi lebih akurat.
4)      Intensitas, yaitu ciri-ciri yang berhubungan dengan derajat kesadaran seseorang mengenai stumulus tersebut.
b.      Faktor pribadi termaksud dalam ciri khas individu seperti tingkat kesadaran minat, emosional dan lain-lain
c.       Faktor pengaruh kelompok dalam suatu kelompok manusia, respon orang lain akan memberi arah terhadap tingkah laku seseorang.
d.      Faktor latarbelakang kultural, orang dapat memberikan persepsi yang berbeda terhadap subjek yang sama karena laterbelakan cultural yang saling berbeda.

No comments:

Post a Comment